Apk, Game, Tutorial, Tips Dan Trick Android

Tips Jitu Membedakan Smartphone Asli atau Hanya Replika

Tips Jitu Membedakan Smartphone Asli atau Hanya Replika | Smartphone android asli dan replika memang terlihat sama secara sekilas. Namun jika anda jeli memperhatikannya maka akan terlihat perbedaan antara smartphone asli dan hasil replika tersebut.

Penjualan perangkat smartphone yang melejit kerapkali dimanfaatkan oleh sebagian pihak untuk melakukan tindakan merugikan seperti membuat produk replika tersebut. Tentu saja membeli produk replika memiliki kerugian tersendiri.

Tips Jitu Membedakan Smartphone Asli atau Hanya Replika

Anda tidak akan mendapatkan garansi resmi dari pihak smartphone. selain itu karena software bawaannya tidak asli maka kemungkinan besar ponsel menjadi mudah terinfeksi virus. Selain itu dari segi kualitas layar hingga body pun jauh berbeda dari ponsel yang asli. Oleh sebab itu agar anda tidak salah beli smartphone, cobalah bedakan keaslian perangkat pintar anda ini dengan beberapa cara mudah. Berikut ini beberapa tips membedakan keaslian smartphone yang bisa anda coba.

Berbagai Tips Membedakan Keaslian Smartphone

1. Periksa kelengkapan penjualan

Pertama-tama periksa terlebih dulu kelengkapan perangkat ponsel anda. Dengan begitu anda akan lebih mudah tahu bagaimana keaslian ponsel anda. Jika ponsel android anda palsu maka ada beberapa bagian aksesoris yang tidak disediakan. Selain itu buku manual pun tidak tersedia di dalam dusbook. Namun memeriksa kelengkapan tidak bisa dijadikan patokan mutlak untuk membedakan keaslian smartphone.

2. Boot ke menu recovery

Selain itu anda bisa mengecek keaslian ponsel anda dengan masuk ke menu recovery mode. Biasanya pemalsu ponsel tidak akan memodifikasi recovery mode ini. Kebanyakan hp palsu akan memunculkan recovery tool berbahasa China. Seharusnya untuk perangkat asli di menu tersebut mestilah berbahasa Inggris. Untuk masuk ke menu tersebut cobalah tekan tombol Power dan Volume bawah bersamaan.

3. Periksa dengan Antutu Officer

Cobalah periksa keaslian smartphone dengan aplikasi Antutu Officer. Aplikasi tersebut mudah digunakan dibanding dengan yang ada di CPU. Aplikasi benchmark ini akan secara otomatis memeriksa keaslian ponsel anda. cara kerjanya dengan mencocokan ponsel anda dengan database yang dimilikinya sehingga informasi keasliannya bisa dengan mudah anda identifikasi.

4. Cek IMEI

Cobalah cek nomor IMEI yang tertera pada perangkat android anda. caranya hanya dengan menekan tombol *#06# kemudian nomor IMEI secara otomatis akan muncul. Anda bisa mencocokan nomor IMEI yang tertera dengan yang ada di box smartphone ada. Smartphone yang asli tentu akan menampilkan nomor IMEI yang sama dengan yang ada di dusbox.

5. Cek data exif

Cara satu ini hanya dengan mengandalkan kamera untuk mengambil objek. Kemudian cek hasilnya di galeri android anda. kemudian pindahkan foto tersebut ke PC. Pada menu properties gambar anda akan melihat exif lengkap gambar tersebut. Jika exifnya lengkap maka smartphone anda adalah asli. Sedangkan jika tidak lengkap maka perangkat ponsel anda adalah hasil replika.

Itu dia beberapa cara membedakan smartphone asli dan replika. Semoga bermanfaat dan menambah informasi untuk anda.